Home » » Kepolisian Tasikmalaya Ungkap Pemalsuan Kosmetika

Kepolisian Tasikmalaya Ungkap Pemalsuan Kosmetika

Written By Unknown on Rabu, 28 Agustus 2013 | 15.47

(SJO, TASIKMALAYA) - Jaringan pembuat, sekaligus pemasok dan pengedar berbagai jenis kosmetik palsu ke berbagai daerah dan provinsi diungkap petugas reserse Polsek Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar), Rabu (28/8).

Dalam penggerebekan yang berlangsung d sekitar 12.30 di Kampung Depok, Kelurahan Sukamenak, Kota Tasikmalaya, polisi juga berhasil menangkap Uus Sutisna, 40, warga Cibeureum , yang disinyalir sebagai otak pembuat kosmetik palsu tersebut.

Kapolsek Cibeureum, IPTU Dany Prasetya, kemarin, mengatakan pelaku yang diduga melibatkan lebih dari satu orag itu memproduksi kosmetik palsu merek Citra, Pond's, Mustika Putri, Day Cream, BDL Papaya, DR Gold, SJ Night Cream, Natural 99, Qianyan, Whitening Super Dokter, Special China Kuang Cu, pemutih dan Casablanca serta lebel dan zat kimia.

"Seluruh barang bukti sudah kami sita untuk mengembangan penyidilkan ke depan. Sementara, tersangka Uus higga saat ini (kemarin), mash dalam pemeriksaan intensif petugas reserse, karena tidak tertutup kemungkinan melibatkan tersanghka lain," tutur Dany.

Kapolsek mengungkapkan meski tersangka Uus asli warga Cibeureuk, namu untuk memproduksi barang-barang kosmetik ilegal itu, ia sengaja mengontrak sebuah rumah yang disulap menjadi gudang.
"Berdasarkan pengakuan tersangka, semula ia hanya mengontrak rumah (gudang). Namun, karena bisnis ilegalnya itu berkembang,  Uus sengaja membeli lahan sendiri untuk gudang penyimpanan barang."

Kapolsek  menambahkan dari hasil menyidika sementara tersangka mengaku baru memproduksi berbagai jenis kosmetik ilegal leboih dari satu tahun.

"Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal Undang-Undang (UU) Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan Ijin dari Balai Badan Pengawas Obat dan Makanan (BP-POM), dengan ancaman kurungan 15 tahun penjara. (ktm)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

INFO GEDUNG SATE

LIPUTAN KHUSUS

 
Media Group : Jabar Zone | Inohong | Warta Indonesia Raya
Copyright © 2010-2013. Seputar Jabar Online - All Rights Reserved
Creating Website
Bandung Media Citra