Home » , » Gubernur Jabar Minta Menko Perhatikan Petani

Gubernur Jabar Minta Menko Perhatikan Petani

Written By Unknown on Senin, 22 Juli 2013 | 08.53

(SJO, CIANJUR) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta Pemerintah untuk lebih memperhatikan nasib petani. Diantaranya dengan memberikan 2 keberpihakan, yakni; kebijakan moneter dalam bentuk suku bunga khusus pertanian dan subsidi pupuk. Hal itu penting, karena petani adalah pahlawan pangan. Tanpa petani, kita tidak akan dengan mudah mendapatkan bahan pangan yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

"Suku bunga komersial saat ini sulit dijangkau petani. Untuk itu sebaiknya ada keberpihakan Pemerintah dengan memberikan suku bunga khusus pertanian. Begitupun dengan subsidi pupuk  yang memang sangat dibutukan petani. Karena petani adalah pahlawan pangan yang harus kita dukung penuh," tegas Heryawan di hadapan Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan ratusan hadirin yang memadati halaman Kantor Bupati Cianjur, Minggu (21/7) pagi dalam acara Safari Ramadhan Menko Perekonomian.

Lebih dari itu, Heryawan berharap, ada mekanisme jitu  guna menurunkan sejumlah harga kebutuhan pokok. Karena dengan harga yang terjagkau dan logis, akan berimbas pada pemenuhan gizi dan kesehatan masyarakat. "Karena asupan protein yang tinggi ada di daging, telur, susu dan ikan," ujaranya. Sehingga harga barang barang tersebut harusnya terjangkau agar masyarakat dapat memenuhi kecukupan pangan dan gizinya.

Ke depan, lanjut Heryawan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pangan dan protein, hendaknya memulai dari sekarang dengan mendorong produksi daging, telur, susu dan ikan. Begitupun dengan produksi bahan pangan berupa; beras, jagung, umbi-umbian, dan lain-lain. "Selain itu juga upaya menjaga agar lahan pertanian tidak semakin berkurang bahkan akan ditambah lebih luas lagi dengan membuka sawah baru," ungkapnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Menko Hatta Rajasa memuji Gubernur yang berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan Jawa Barat. Diantaranya keberhasilan menekan angka pengangguran dan tingkat kemiskinan. "Kunjungan saya kali ini juga dalam kerangka memastikan ketersediaan dan distribusi bahan kebutuhan pokok bagi masyarakat," tuturnya. Dirinya juga sepaham dengan pernyataan Gubernur terkait subsidi pupuk, kesejahteraan petani dan soal bahan pangan yang harus dijaga agar harganya terjangkau.

Selain itu, guna mendorong pembangunan di Jawa Barat. Hatta sudah menyampaikan kepada Presiden terkait pengembangan infrastruktur Jawa Barat bagian selatan. Hal itu penting di saat wilayah utara sudah melebihi kapasitas. "Dana Rp 1 triliun siap digelontorkan untuk membangun infrastruktur di Jabar selatan. Begitupun dengan percepatan pembangunan Bandara Kertajati," tandasnya. Diharapkan dengan infrastruktur yang memadai dapat mendorong akselerasi pembangunan segala bidang di Jawa Barat.(Bn/Slr)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

INFO GEDUNG SATE

LIPUTAN KHUSUS

 
Media Group : Jabar Zone | Inohong | Warta Indonesia Raya
Copyright © 2010-2013. Seputar Jabar Online - All Rights Reserved
Creating Website
Bandung Media Citra