Home » » Polda Siapkan Aparat Amankan Rumah Pemudik

Polda Siapkan Aparat Amankan Rumah Pemudik

Written By Unknown on Jumat, 02 Agustus 2013 | 07.54


(SJO, BANDUNG) - Menyambut Idul Fitri tahun ini, Polda Jabar tak hanya menerjunkan personel untuk mengamankan jalur mudik, tetapi juga akan memusatkan pengamanan dengan menjaga rumah-rumah warga yang kosong ditinggal penghuninya. Untuk melakukannya, Polda Jabar akan mengerahkan sepertiga kekuatannya untuk mengawasi area perumahan guna menghindari tindak kejahatan.

"Saya sampaikan kita sudah menggunakan dua pertiga (untuk menjaga jalur mudik di Jabar) sedangkan satu pertiganya untuk melayani masyarakat dan menjaga rumah-rumah yang ditinggal mudik itu," kata Kapolda Jabar, Irjen Pol Suhardi Alius usai Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2013 di Mapolda Jabar, Bandung, Kamis (1/8).

Pihaknya mengaku saat ini telah intensif berkoordinasi dengan keamanan di perumahan untuk lebih meningkatkan pengawalan. "Kita sudah kerjasama dengan satpam, dan keamanan lingkungan setempat untuk aktif menjaga rumah yang ditinggalkan," tandasnya.

Dia berpesan kepada pemudik untuk aktif menyampaikan kepada tetangga sekitar bahwa rumahnya akan ditinggal mudik. "Tolong kepada pemudik juga titipkan rumah kepada tetangga yang tidak mudik untuk turut memantau," terangnya.

Sebanyak 42.118 aparat gabungan TNI-Polri diterjunkan selama Operasi Ketupat 2013. Jumlah itu belum termasuk unsur lainnya ikut mengawal mudik lebaran tahun ini.

"Total yang dikerahkan 42118 personel yang terdiri dari TNI-Polri, BKO dari mabes sebanyak 6.500 personel," paparnya.

Operasi ketupat ini akan berlangsung pada 2 hingga 16 Agustus mendatang. "Dengan personel lengkap. Kita berharap maksimal, mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar sebagaimana kita harapkan," katanya. (r22)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

INFO GEDUNG SATE

LIPUTAN KHUSUS

 
Media Group : Jabar Zone | Inohong | Warta Indonesia Raya
Copyright © 2010-2013. Seputar Jabar Online - All Rights Reserved
Creating Website
Bandung Media Citra