Home » » Rachel Leonie Saputra Juara Bio Farma Speech Contest 2013

Rachel Leonie Saputra Juara Bio Farma Speech Contest 2013

Written By Unknown on Senin, 26 Agustus 2013 | 11.24

(SJO, BANDUNG) - Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang dalam ajang Bio Farma Speech Contest 2013 (ESC 2013), akhirnya Sekolah Lentera Internasional Jakarta, berhasil memenangkan perlombaan yang diikuti oleh 50 peserta. Mereka berasal dari 9 kota yang berada di Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Pemenang atas nama Rachel Leonie Saputro memperoleh skor 3450, berhasil mengalahkan dua finalis lainnya yaitu Rachael Melati Nalapraya dari SMA Cita Buana Jakarta dengan skor 3417 dan Arsyad Parama Santosa dari Al Irsyad Satya Islamic School Bandung dengan skor 3380. Rachel yang membawakan speech dengan judul “I am Proud Being Indonesian” ini, mengaku senang dan tidak menyangka memenangkan pertandingan ini.

“Saya tidak menyangka akan terpilih sebagai pemenang, apalagi pada saat pemilihan 10 besar, setiap peserta hanya diberikan sedikit untuk mempersiapkan speech yang temanya telah ditentukan oleh panitia”.

Salah satu Tim dewan juri Ferry Antoni yang berasal dari Lembaga Bahasa & Pendidikan Profesional LIA mengatakan bahwa speach contest ini merupaka hal yang positif untuk diselanggarakan.

"Saya menyambut baik acara ini, Karena speech contrest sudah mulai ditinggalkan, karena  dianggap terlalu membosankan. tetapi speechcontest kali ini dikemas dengan cara yang berbeda, dimana ada lebih dari satu tema speech yang dapat dipilih oleh peserta. Dan dengan adanya english speech contest ini, akan melatih kepercayaan diri para peserta untuk bicara dalam bahasa Inggris. Karena butuh kepercayaan diri untuk dapat berbicara bahasa Inggris terutama di depan umum" ungkap Ferry.

Ferry menambahkan kriteria yang menjadi penilaian adalah ketepatan dengan topik,  vocabulary (pemilihan kata), bahasa tubuh, ekspresi dan pronunciation (pengucapan).

Perlombaan yang diselenggarakan dalam rangka HUT Bio Farma ke 123 dan HUT RI ke 68 ini diikuiti oleh 50 peserta yang berawal dari 162 tulisan yang dikirimkan dari berbagai sekolah di Jawa Barta dan DKI
Jakarta. Dari 162 tulisan tersebut, dipilih menjadi 50 tulisan tebaik untuk diikutsertakan dalam lomba ESC. Hal yang unik dari ESC 2013 ini adalah, 50 finalis yang lolos tersebut tidak mempresentasikan hasil
tulisannya, melainkan harus berpidato berdasarkan tema yang sudah ditentukan oleh pihak panitia diantaranya mengenai kesehatan, pertemanan, hobi, motivasi dan kasih sayang keluarga.

Ketua panitia ESC 2013 Ida Nurnaeni mengatakan tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memotivasi para pelajar terutama  tingkat SMA untuk berani dan percaya diri berbicara dalam bahasa inggris didepan
umum.

"Saat ini Bahasa Inggris, bukanlah bahasa yang asing terdengar di generasi muda, dan bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional yang digunakan di banyak negara, oleh karena itu kami memandang penting bahwa untuk berani berbicara dalam bahasa Inggris dimulai dari usia dini setidaknya pada usia SMA". Ungkap Ida. (r22)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

INFO GEDUNG SATE

LIPUTAN KHUSUS

 
Media Group : Jabar Zone | Inohong | Warta Indonesia Raya
Copyright © 2010-2013. Seputar Jabar Online - All Rights Reserved
Creating Website
Bandung Media Citra