Home » , » 1.424 Desa di Jabar Bermasalah Sanitasi

1.424 Desa di Jabar Bermasalah Sanitasi

Written By Unknown on Kamis, 05 September 2013 | 16.09


(SJO, BANDUNG) -- Hingga saat ini sekitar 1.424 desa dan kelurahan di Jawa Barat merupakan area beresiko tinggi terhadap masalah sanitasi. Jumlah tersebut mewakili 25 persen dari desa yang ada di Jabar.

Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan (Diskrimum) Jabar, Bambang Irianto, mengatakan masih banyaknya daerah yang berstatus resiko tinggi karena perilaku buang air besar sembarangan (BABS) yang masih sangat tinggi.

"Faktor lainnya yakni perilaku membuang sampah dan kondisi drainase yang juga buruk," kata dia bersama Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan 26 Bupati lainnya mendeklarasikan 'Sanitasi Sehat Jabar' di Saung Angklung Udjo, Bandung, Kamis (5/9).

Ia mengatakan realitas cakupan pelayanan pengelolaan air limbah domestik di tahun 2013 juga masih rendah, yakni mencapai 63 persen. Pelayanan tersebut berupa sistem jamban pribadi, septictank, MCK, dan IPAL.

"Kita menargetkan di tahun 2018 mencapai 70 persen," kata dia.

Bukan hanya itu, pengelolaan sampah di Jabar juga baru mencapai 63 persen. Pihaknya mengaku terus melakukan revitalisasi program yang telah dijalankan.

Angka memang sangat rendah sehingga upaya seperti peningkatan daya angkut TPA, revitalisasi dan pembangunan TPS baru, serta penambahan armada angkut terus digenjot.(don)
Share this article :

1 komentar:

  1. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    BalasHapus

INFO GEDUNG SATE

LIPUTAN KHUSUS

 
Media Group : Jabar Zone | Inohong | Warta Indonesia Raya
Copyright © 2010-2013. Seputar Jabar Online - All Rights Reserved
Creating Website
Bandung Media Citra