Home » » Ormas Dilarang Berseragam ala TNI

Ormas Dilarang Berseragam ala TNI

Written By Unknown on Rabu, 04 September 2013 | 09.07

(SJO, JAKARTA) - Panglima TNI yang baru, Jenderal TNI Moeldoko bertekad menjaga nama baik TNI. Salah satunya adalah dengan menindak tegas organisasi masyarakat (ormas) yang menggunakan seragam ala TNI.

"Saya sudah instruksikan untuk dibersihkan. Tidak boleh seperti itu (ormas menggunakan seragam ala TNI)," kata Jenderal Moeldoko , usai Sertijab panglima TNI, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (4/8).

Moeldoko mengatakan, dalam undang-undang disebutkan ormas dilarang menggunakan seragam atau atribut yang sama dengan lembaga pemerintahan. Namun demikian, pihaknya mengaku akan tetap menggunakan cara-cara persuasif dalam melakukan penertiban.

"Pasti kita akan lakukan tindakan persuasif pada awalnya, kalau tidak bisa baru represif," tegas mantan Kasad TNI ini.

Seperti diketahui, banyak ormas menggunakan seragam bak prajurit TNI. Layaknya prajurit TNI sungguhan, anggota ormas itu juga menggunakan baret yang memiliki warna sama dengan baret TNI.

Di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, misalnya. Ada ormas yang anggotanya menggunakan baret merah layaknya prajurit Kopassus sehingga membuat masyarakat bingung.

Mantan Menteri Pertahanan Keamanan/Panglima ABRI, Jenderal (Purn) Wiranto juga sependepat dengan Moeldoko. Menurut WIranto, secara hukum ormas dilarang menggunakan seragam menyerupai TNI.

"Oh itu dilarang. Ormas tidak boleh menggunakan atribut menyerupai TNI," kata Wiranto usai Sertijab Panglima TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (4/8).(tim)


Share this article :

1 komentar:

  1. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    BalasHapus

INFO GEDUNG SATE

LIPUTAN KHUSUS

 
Media Group : Jabar Zone | Inohong | Warta Indonesia Raya
Copyright © 2010-2013. Seputar Jabar Online - All Rights Reserved
Creating Website
Bandung Media Citra