Home » , » Partisipasi Remaja dalam Pembangunan Didiskusikan

Partisipasi Remaja dalam Pembangunan Didiskusikan

Written By Unknown on Jumat, 06 September 2013 | 21.11

(SJO, BANDUNG) - Mitra Citra Remaja ( MCR ) PKBI Jabar menyelenggarakan diskusi terkait permasalahan remaja. Diskusi dilakukan fokus pada tema perluasan akses dan partisipasi remaja dalam pembangunan.

Pemimpin negara-negara dunia saat Konferensi Internasional Kependudukan dan Pembangunan (ICPD, 1994) di Kairo, Mesir telah sepakat bahwa remaja adalah kelompok yang potensial dimana kebutuhan mereka perlu diberi perhatian secara serius. Dengan jumlah sekitar lebih dari 3 milyar di dunia, para pemimpin dunia percaya bahwa remaja akan mempengaruhi arah perubahan dunia saat ini dan masa depan. Bukan saja karena jumlah yang besar menjadi kekuatan mereka, akan tetapi juga karena karakteristik mereka yang unik memiliki potensi dan energi yang besar.

Jumlah remaja Indonesia saat ini 64 juta (28,6 persen) (PPI, 2000-2025, Bapenas, UNFPA 2005). Di Jawa Barat sendiri, populasi remaja 10-24 tahun berjumlah lebih dari 11 juta jiwa (BPS, 2010) dan merupakan populasi terbanyak di Jawa barat.

Sementara penduduk Kota Bandung berdasarkan hasil Susenas tahun 2003 adalah 2.228.268 jiwa, diperkirakan sekitar 20 persen  tergolong usia remaja, yaitu sekitar 500.000 jiwa.


Liris Kinasih, dari PKBI pusat mengatakan pola kebijakan mengenai pendidikan kesehatan reproduksi remaja ini masih menggunakan pemahaman orang dewasa sehingga apa yang dibutuhkan remaja tidak sesuai keinginan. Maraknya kasus remaja seperti penyalahgunaan Narkoba, kehamilan tidak diinginkan, Infeksi menular seksual, dan HIV-AIDS yang diangkat media pada akhirnya menstigma remaja sebagai kelompok bermasalah oleh berbagai pihak.

Saat ini, menurutnya, remaja masih kurang pendampingan dalam mengoptimalkan potensinya, sasaran ini hanya bisa dicapai jika informasi, pendidikan dan layanan kesehatan reproduksi dan seksual remaja tersedia dan bisa diakses oleh remaja termasuk membuka ruang seluas-luasnya keterlibatan remaja dalam perencanaan, pelaksanaan, monitoring-evaluasi kebijakan serta program menyangkut kehidupan mereka.

"Peran media sangat penting dalam membantu melakukan pendidikan terhadap publik termasuk melakukan advokasi  terhadap pemenuhan hak-hak reproduksi dan seksual remaja serta mendorong kepedulian banyak pihak dengan ditunjang data-data yang relevan." (r22)
Share this article :

2 komentar:

  1. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    BalasHapus
  2. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14f5

    BalasHapus

INFO GEDUNG SATE

LIPUTAN KHUSUS

 
Media Group : Jabar Zone | Inohong | Warta Indonesia Raya
Copyright © 2010-2013. Seputar Jabar Online - All Rights Reserved
Creating Website
Bandung Media Citra