Home » , , » Pasar Baru Karawang Dimodernisasi

Pasar Baru Karawang Dimodernisasi

Written By Unknown on Minggu, 21 Juli 2013 | 03.40

(SJO, KARAWANG) -Dalam rangka mengembangkan kembali Pasar Baru Karawang menjadi pasar yang bersih dan modern, Pemerintah Kabupaten Karawang dan perusahan investasi asal Malaysia, PT. Panglima Capital Itqoni menandatangani MoU perjanjian kerjasama investasi. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Bupati Karawang, H. Ade Swara dan Direktur PT. Panglima Capital Itqoni, Ir. Irwan Khalis, MM di  Gedung Singaperbangsa Lt. II Pemda Karawang, Kamis (19/7).

Perjanjian kerjasama tersebut mengatur  mengenai kerjasama investasi pembangunan dan pengelolaan Pasar Baru Karawang dengan pola Bangun Guna Serah, dengan tujuan untuk menyediakan sarana dan prasarana perdagangan barang dan jasa yang representatif di Pasar Baru Karawang. Lingkup kerjasama sendiri mencakup perencanaan, desain, rekayasa, pembiayaan, konstruksi fasilitas, dan pengelolaan serta pemeliharaan fasilitas sarana dan prasarana pasar.

Selain itu, dalam perjanjian tersebut mengatur kewajiban dari pihak pengembang untuk memberikan kontribusi kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Karawang dengan jumlah sekitar Rp. 300 juta pada tahun pertama, hingga Rp. 800 juta pada tahun ketiga. Jumlah tersebut dapat akan dievaluasi kembali setiap lima tahun sekali, dan dapat meningkat seiring dengan adanya perubahan regulasi. Keterlambatan pembayaran terhadap kewajiban tersebu akan dikenakan denda sebesar Rp. 0,1 persen per hari dari jumlah kontribusi yang harus dibayarkan.

Klausul lain dalam perjanjian kerjasama tersebut juga mengatur mengenai kewajiban kepada pihak pengembang untuk mengutamakan pembangunan dalam penyediaan tempat usaha (kios dan los) bagi para pedagang lama baik SIMB maupun pedagang kaki lima. Selain itu, sebelum seluruh pedagang lama yang telah diverifikasi dapat diakomodir untuk menempati kios baru, pihak pengembang tidak diperkenankan untuk menawarkan kepada pedagang baru.

Bupati Karawang, H. Ade Swara, usai perjanjian kerjasama tersebut menegaskan kembali bahwa pihak Pemerintah Daerah terus berkomitmen untuk membenahi pasar-pasar yang ada di Kabupaten Karawang, karena berdasarkan pengalaman yang telah lalu terdapat sejumlah permasalahan dalam pengelolaan pasar. “Masih terdapat satu atau dua pasar yang sampai saat ini masih menjadi masalah, dan ini menjadi salah satu dasar untuk mengevaluasi kembali perjanjian pengelolaan pasar,” ujarnya.

Untuk itu dirinya berharap ke depan dapat berjalan dengan lebih baik sehingga tidak lagi muncul permasalahan terkait pengelolaan pasar. Bupati sendiri berharap secara khusus kepada pihak PT. Panglima Capital Itqoni akan mampu menindaklanjuti perjanjian kerjasama dengan baik sesuai dengan harapan bersama, karena masyarakat Karawang sudah menanti untuk memiliki pasar yang baik dan bisa dimanfaatkan dengan sebaiknya.

Sementara itu, Direktur PT. Panglima Capital Itqoni, Irwan Khalis, menjelaskan bahwa pihak akan berusaha untuk dapat memenuhi berbagai amanat yang terdapat dalam klausul perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Daerah. “Kami tentu sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat karena telah dipercaya untuk dapat melaksanakan amanat yang cukup berat tersebut,” imbuhnya.(e22)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

INFO GEDUNG SATE

LIPUTAN KHUSUS

 
Media Group : Jabar Zone | Inohong | Warta Indonesia Raya
Copyright © 2010-2013. Seputar Jabar Online - All Rights Reserved
Creating Website
Bandung Media Citra