Home » , » Pemprov Jabar akan Kembangkan Tiga Kawasan Metropolitan

Pemprov Jabar akan Kembangkan Tiga Kawasan Metropolitan

Written By Unknown on Senin, 15 Juli 2013 | 11.22

(SJO, BANDUNG) - Pemprov Jabar tengah mempersiapkan pengembangan tiga kawasan metropolitan. Dalam kaitan itu, sejumlah proyek infrastruktur akan menjadi pendukung dan didorong penyelesaiannya.

Demikian Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan pada Pengarahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2014 di Bappeda Jalan Dago Bandung, Senin (15/7). "Kami akan mengakselerasi dan mendorong termasuk proyek infrastruktur pemerintah pusat agar cepat selesai," katanya.

Ketiga kawasan tersebut adalah Metropolitan Bandung Raya, Cirebon Raya, dan Bodebekarpur (Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, dan Purwakarta). Hal itu ditunjang pula pusat pertumbuhan di Pelabuhan Ratu dan Pangandaran.

Menurut Gubernur, sejumlah proyek infrastruktur yang mendukung pengembangan metropolitan tengah dalam pengerjaan. Di antaranya Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Cikampek-Palimanan (Cikapali), dan Ciawi-Sukabumi.

"Dalam kaitan itu, Bandara Internasional Kertajati juga harus jadi," katanya tentang bandara di Kabupaten Majalengka.

Selain itu, pihaknya tengah bersiap menandatangani nota kesepahaman dengan BUMN China terkait pembangunan monorel untuk memperkuat sistem transportasi Bandung Raya. MoU mencakup pembuatan masterplan dan studi kelayakan transportasi tersebut.

Heryawan menjanjikan pengembangan metropolitan tersebut tak menggerus sektor pertanian. "Tak mungkin hidup tanpa pertanian. Di China saja, di atap rumah ada sawah," katanya.(don/rls)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

INFO GEDUNG SATE

LIPUTAN KHUSUS

 
Media Group : Jabar Zone | Inohong | Warta Indonesia Raya
Copyright © 2010-2013. Seputar Jabar Online - All Rights Reserved
Creating Website
Bandung Media Citra